Doa Tidak Mudah Lupa Untuk Memperkuat Ingatan

doa supaya tidak mudah lupa

Doa Tidak Mudah Lupa Untuk Memperkuat Ingatan! Doa adalah salah satu cara kita untuk berkomunikasi dengan Allah. Di mana dengan berdoa, kita dapat berkomunikasi dan mengutarakan segala perasaan atau keluh kesah kepada Sang Pencipta. Cara ini adalah hal termudah dan gratis, sehingga kapan saja kamu bisa berdoa. Bahkan, dengan melakukan doa hati bisa menjadi lebih tenang, dan ada banyak sekali manfaat dari berdoa ini.

Salah satu manfaat doa adalah bisa memperkuat ingatan, dan pastinya cocok bagi kamu yang mudah lupa. Sifat pelupa memanglah wajar dan manusiawi, bahkan hampir semua orang di dunia pasti pernah melupakan sesuatu dalam hidupnya. Baik hal kecil sampai besar, lupa tetaplah sifat yang lumrah dialami seseorang. Hanya saja, sangat tidak lazim bila orang tersebut lupa secara terus-menerus atau berkali-kali dalam periode waktu tertentu.

Jika berbagai cara sudah dilakukan agar tidak cepat lupa, tetapi masih juga belum berhasil, mungkin kamu sudah melupakan sesuatu yang sangat penting. Ya, sesuatu itu adalah doa yang sangat manjur bila dilafalkan setiap harinya. Doa tidak mudah lupa ternyata ada dan diajarkan oleh Allah untuk membantu hamba-Nya agar bisa lebih memperkuat ingatannya. Bagi kamu yang mudah lupa dan ingin tahu bagaimana doanya, maka kamu harus membaca ayat ini.

Doa untuk Orang Pelupa

Baginda Rasulullah mengajarkan sebuah doa atau ayat bagi si pelupa, adalah; “Allahuma ijal nafsi muthmaintan tuminubi liqaka watardla bi qadlaika”. Itu salah satu doa untuk si pelupa yang jika diartikan secara garis besar adalah untuk meminta pada Allah agar memiliki jiwa yang tenang, beriman , dan juga rela atas garis yang sudah Allah tentukan. Dengan doa ini, kamu bisa sedikit demi sedikit menjadi lebih mudah dalam mengingat sesuatu dibanding melupakannya.

Tidak hanya itu saja, jika kamu bukan tipikal orang yang mudah lupa, tetapi ingin terhindar dari sifat pelupa, maka bisa melafalkan doa berikut: “ Rabbanaa la tua hidznaa innasiina awakhta’naa ” Di mana doa tidak mudah lupa ini memiliki arti secara menyeluruh ialah untuk meminta kepada Allah agar tidak menghukum hamba-Nya apabila lupa atau tersalah (QS. Al-Baqarah: 286). Dengan doa ini jugalah, kamu bisa terhindar dari sifat pelupa yang terkadang menyusahkan.

Doa lainnya yang juga bisa dilafalkan oleh si pelupa adalah: “Asa ay yahdiyani rabbi li aqraba min haza rasyada”. Terlihat sederhana memang, tetapi doa ini dituturkan untuk meminta petunjuk kepada Allah agar bisa lebih dekat dengan kebenaran. Tentu saja, juga agar tidak mudah melupakan sesuatu dan terhindar dari sifat tersebut.

Dengan melafalkan doa tidak mudah lupa tersebut setiap kali salat, sedang gundah, sedang lupa dan ingin segera mengingat sesuatu, maka bisa saja Allah memudahkanmu untuk kembali ingat. Lafalkanlah secara rutin agar kamu tidak mudah lupa dan juga sebagai bentuk atau cara komunikasi dengan Allah. Cara ini bisa dikatakan cukup mudah dan ampuh, baik untuk dilafalkan anak-anak maupun juga orang dewasa.

Tidak hanya dengan doa saja, tetapi ada juga cara lain yang bisa kamu terapkan untuk memudahkanmu dalam mengingat sesuatu. Mungkin beberapa cara ini sudah pernah dicoba, tapi tidak ada salahnya untuk mencoba kembali sambil melafalkan doa yang ada di atas tadi. Dengan demikian, maka sifat lupa bisa hilang untuk jangka waktu panjang, atau bahkan juga secara permanen.

Istirahat juga melakukan tidur cukup.

Sifat mudah lupa bisa saja terjadi karena kamu kurang istirahat atau tidur yang cukup. Sehingga fungsi kerja otak jadi menurun, dan membuatmu mudah lelah serta pelupa. Jadi, ada baiknya gunakan waktu istirahat sebaik mungkin, dan jangan lupa baca doa tidak mudah lupa sebelum kamu pergi tidur.

Mencatat hal-hal penting

Cara kedua untuk bisa menyingkirkan sifat mudah lupa adalah dengan mencatat hal-hal penting yang sekiranya sering terlupakan olehmu. Siapkanlah buku catatan khusus untuk kamu mengisi berbagai hal yang penting agar tidak mudah terlupa. Kamu juga bisa latihan menulis doa di atas sambil membacanya agar semakin lancar dan juga semakin hafal. Dengan demikian, ingatanmu juga bisa menjadi lebih tajam dan kuat.

Menggunakan metode musik

Musik jelas disukai oleh semua orang tanpa terkecuali, namun ternyata bisa juga digunakan bagi si pelupa agar bisa lebih ingat. Metode musik atau penyerapan informasi lewat suara terkadang bisa ampuh untuk sebagian orang. Tetapi jika kamu tidak terlalu menyukai musik, maka bisa mendengarkan lantunan mengaji atau lantunan doa tidak mudah lupa agar semakin ingat. Pastinya lebih menyenangkan karena didengarkan secara langsung.

Sangat mudah untuk bisa menghilangkan sifat pelupa, ‘kan? Dengan adanya doa tidak mudah lupa ini, kami berharap kamu bisa semakin berkembang dan juga tidak kesulitan lagi dalam mengingat banyak hal.

Jika Anda ingin cara yang lebih mudah dan praktis supaya ingatan makin kuat dan tidak mudah lupa, maka Anda bisa memanfaatkan energi dari Azimat Kecerdasan. Penjelasan lengkap bisa baca di sini – KLIK DI SINI

Author: Ki Sabrang Alam

Ki Sabrang Alam lahir dengan nama Asli Feri Fadly dikenal sebagai seseorang yang mampu untuk keluar masuk ke alam ghaib dalam waktu seketika. Tanpa perlu ritual ataupun bertapa. Keahlian yang unik ini merupakan bakat bawaan sedari lahir yang di berikan oleh Tuhan kepadanya. Oleh karena itulah di lingkungan sekitarnya, Kang Feri sering diminta untuk memimpin ritual ruwatan, menangani rumah yang berhantu, mengobati orang kesambet ( ketempelan jin) dan juga mengatasi kesurupan. Profil selengkapnya bisa Anda baca di website official Ki Sabrang Alam. Klik di Sini - www.KiSabrangAlam.com