Doa Tidak Mudah Lupa dan Cara Benar Memanjatkannya

doa tidak mudah lupa

Lupa merupakan salah satu persoalan yang dapat mengganggu kehidupan manusia. Gara-gara lupa, ada banyak kerugian yang didapat. Untuk itu, Anda perlu mengetahui doa tidak mudah lupa.

Dalam ajaran Islam, lupa memang diposisikan sebagai sesuatu yang ditoleransi. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu Abbas ra., Rasulullah Saw. pernah menyampaikan sebuah sabda yang intinya bahwa ada tiga kesalahan yang dimaafkan.

Yakni kesalahan karena ketidaksengajaan, kesalahan akibat munculnya lupa, dan yang terakhir adalah kesalahan yang dilakukan karena keterpaksaan. Ketiganya dimaafkan.

Hanya saja, bukan berarti Anda terlena dan larut membiarkan diri dalam lupa. Bagaimanapun, lupa ini bisa mengganggu hidup Anda. Ada waktu, kesempatan, momentum, dan berbagai hal positif yang berpotensi terganggu manakala lupa itu tiba.

Maka dari itu, Anda perlu mengamalkan doa tidak mudah lupa sesuai yang disyariatkan. Bagaimana doanya? Ini yang akan dibahas dalam artikel ini.

Doa Tidak Mudah Lupa Anjuran Nabi

Sebagian doa, ada yang dicontohkan langsung oleh Baginda Nabi Muhammad Saw. Sebagian lainnya, ada yang tercantum langsung di dalam ayat-ayat Al-Quran. Selain itu, terdapat pula yang merupakan contoh dari para ulama yang menjadi pewaris nabi.

Mengenai persoalan lupa, maka terdapat doa tidak mudah anjuran nabi. Doanya singkat dan sederhana. Hanya perlu konsistensi untuk melafalkannya agar apa yang ingin dicapai dapat terpenuhi.

Doa yang akan kita bahas ini diambil dari Kompilasi Kalam yang disusun oleh Habib Ahmad anak dari Hasan al-Athas.Didalamnya ia menukilkan sebuah kisah Baginda Nabi Saw didatangi oleh seseorang yang meminta untuk diajarkan sesuatu setelah sebelumnya mengeluh karena sering lupa.

Lantas kemudian Yang Mulia Nabi Muhamad Saw memberikan anjuran untuk membaca sebuah kalimat berikut ini :

Allohummma ijj’al nafsi mutmainnnatan, tu’minuu bi liqaa’ika wa tardho bi qadhaa’ika.

Kalimat tersebut artinya adalah, “Ya Allah,jadikanlah jiwa yang kami miliki menjadi tenang, beriman terhadap keberadaan hari pertemuan dengan-Mu, serta rela ada di atas garis yang telah Engkau putuskan.”

Dikisahkan masih dalam sumber yang sama, setelah orang tersebut rutin membaca kalimat tersebut, maka orang tersebut tak pernah lagi merasakan lupa. Hal tersebut menjadi bukti bahwa kuatnya pengaruh sebuah doa.

Cara Memanjatkan Doa Tidak Mudah Lupa

Agar doa dapat dikabul, tentu harus memperhatikan cara-cara memanjatkannya. Oleh karena itu, Anda perlu tahu cara memanjatkan doa tidak mudah lupa. Sebenarnya, cara ini berlaku juga dalam menyampaikan doa apapun. Bagaimana caranya?

Hal pertama adalah pentingnya menghadap kiblat. Hal ini karena berdasarkan sebuah hadis, Rasul Saw juga ketika berdoa di tempat wukuf serta arafah, terus menerus berdoa dengan menghadapkan badannya ke arah kiblat.

Kedua, hendaknya sebelum beroda diawali terlebih dahulu dengan puji-pujian kepada Allah. Dengan mengucapkan berbagai kalimat tahmid, tasbih, ataupun takbir. Ini juga sesuatu yang disyariatkan.

Ketiga, sebagai pihak yang sedang meminta dan memohon, sebaiknya Anda menyampaikan doa dengan cara merendahkan diri dihadapan-Nya. Dibacakan dengan kerendahan hati, suara lembut dan dipenuhi dengan rasa takut. Jangan menunjukkan diri Anda sombong.

Sedangkan yang terakhir, Anda juga mesti meyakini dengan sepenuh hati bahwa Allah SWT adalah Dzat yang Maha Memberi. Sehingga ada keyakinan besar bahwa apa yang sedang Anda panjatkan akan dikabulkan oleh-Nya. Jangan sampai Anda meragukan kuasa-Nya.

Nah, demikianlah pembahasan mengenai doa tidak mudah lupa. Silahkan hafalkan dan amalkan dengan sebaik mungkin. Yakin bahwa pertolongan Allah SWT selalu ada. Mudah-mudahan, setelah membaca artikel ini, urusan Anda dapat menjadi lebih mudah.

.

Konsultasi Serius tentang Masalah Anda dengan Pakarnya Ki Sabrang Alam, Silahkan hubungi kontak di bawah ini :

081 226 888 103 ( WA / Telpon / SMS )

Author: Ki Sabrang Alam

Ki Sabrang Alam lahir dengan nama Asli Feri Fadly dikenal sebagai seseorang yang mampu untuk keluar masuk ke alam ghaib dalam waktu seketika. Tanpa perlu ritual ataupun bertapa. Keahlian yang unik ini merupakan bakat bawaan sedari lahir yang di berikan oleh Tuhan kepadanya. Oleh karena itulah di lingkungan sekitarnya, Kang Feri sering diminta untuk memimpin ritual ruwatan, menangani rumah yang berhantu, mengobati orang kesambet ( ketempelan jin) dan juga mengatasi kesurupan. Profil selengkapnya bisa Anda baca di website official Ki Sabrang Alam. Klik di Sini - www.KiSabrangAlam.com